Belajar koq susah??


Sahabat pena sekalian, kita pasti pernah melalui masa-masa belajar dan tentunya merasakan sulitnya saat itu saat harus belajar demi mendapat nilai bagus. Namun tawkah anda akan sebuah rahasia yang akan saya ceritakan ini, bahwa belajar adalah program otomatis, gratis, praktis dari otak kita (mulai bingung pasti, saya juga bingung sebenarnya) yang sudah berjalan tanpa henti dari saat kita oek2 alias lahir.

“Otak kita sudah belajar dari kita lahir sampai kita Mahir sampai kita berakhir masa hidupnya”

Tanpa kita sadari ternyata otak kita sangatlah cerdas dan sangat cepat memproses sesuatu layaknya sebuah komputer generasi paling canggih. Namun permasalahannya sering kali kita tidak memanfaatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Otak kita merekam segala sesuatu bentuk informasi yang ditangkap baik dari penglihatan sampai dengan penciuman, semuanya terekam. Namun karena otak kita kurang terlatih dengan baik, semua informasi tersebut terkadang suka tersembunyi di suatu tempat di otak anda. Dan celakanya kita tidak menyadari dimanakah letak informasi itu disembunyikan. Sebagai contoh seorang murid belajar pada malam hari, namun karena terlalu lelah dan tidak konsentrasi semua informasi yang ia pelajari akhirnya tersesat di dalam otak di suatu tempat yang membuat keesokan harinya saat ujian ia lupa dengan apa yang ia baca semalam. Darimana saya tahu informasi itu tersembunyi di suatu tempat di otak anda?? Caranya mudah, sang murid tadi cukup membaca beberapa kata dari kalimat jawaban yang ia lupa dan seketika ia jadi kembali hafal keseluruhan kalimat, namun saat buku dituup anda akan lupa lagi. Ini menandakan lemahmya kesadaran otak kita dalam menyimpan dan memanggil informasi.

Bagaimana solusinya?? Belajarlah konsentrasi!! Dengan mengasah konsentrasi maka anda akan merasa lebih peka dengan sekitar anda terutama dengan apa yang sedang anda konsentrasikan. Pertanyaan kedua adalah Bagaimana saya mempelajari konsentrasi?? Jawabannya adalah dengan bermeditasi. Saat kita dalam kondisi tidak memikirkan apa2 (hampir tidak mungkin tidak memikirkan apa2) dan fokus dengan satu hal maka bagaikan ada inspektur kecil dalam otak kita yang menggeledah isi otak kita.

Begitu pula saat kita belajar, jika kita berhasil menjinakan pikiran kita maka kita dapat belajar dengan tekun dan informasi yang terekam akan sangat baik dan terjaga. Banyak orang belajar namun pikirannya di lain tempat atau lain hal yang mengakibatkan informasi yang penting tadi masuk ke otak anda dan tersembunyi sehingga anda harus kembali mencarinya. Jadi bukan belajarnya yang susah karena otak kita setiap waktu belajar, namun menenangkan pikiran jauh lebih susah dan itulah sebabnya kita sering kali merasa belajar itu sulit dan cepat lupa.

Advertisements
Categories: Renungan Hati | Tags: , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: