Masa lalu, Masa sekarang, Masa depan

image

Dalam menjalani kehidupan ada 3 masa waktu yang melekat dengan kita. Ketiga waktu itu adalah MASA LALU, MASA SEKARANG, dan MASA DEPAN. Tanpa kita pungkiri diri kita sangat terbentuk oleh ketiga masa waktu ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cara pandang saya mengenai ketiga masa waktu ini.

MASA LALU
Masa lalu merupakan masa waktu yang telah kita lewati, seperti bayangan yang selalu mengikuti kita kemanapun kita pergi. Masa lalu adalah salah satu yang membentuk masa sekarang kita, baik atau burukpun masa lalu dapat berpengaruh terhadap masa sekarang kita. Oleh karena itu kita harus bijak belajar dari masa lalu. Masa lalu telah memberikan kita pengalaman, pengalaman yang baik akan membangun kita, pengalaman yang buruk akan membuat kita lebih waspada. Pengalaman itu mahal sekali harganya terlebih pengalaman buruk, oleh karena mahal itulah jangan sampai anda membayar dua kali. Seperti kita yang sedang berjalan, janganlah terlalu terpaku dengan bayangan kita, karena kita bisa menabrak karena tidak melihat jalan di depan, hendaknya kita fokus memperhatikan jalanan di depan dengan sesekali melihat bayangan kita untuk pembelajaran.

MASA SEKARANG
Masa sekarang adalah masa yang paling fenomenal. Masa ini plg unik karena pada masa ini banyak terjadi banyak hal dan masa ini mempunyai pengaruh penting dengan masa depan. Masa sekarang harus digunakan sebaik-baiknya agar masa depan yang akan didapat akan berpengaruh baik. Jika kita tidak memperlakukam masa sekarang dengan baik maka jangan berharap masa depan akan nersahabat dengan kita. Jika dapat digambarkan masa sekarang dapat diibaratkan seperti memasak, sat kita memasak apapun bahan yang kita masukan akan berpengaruh dengan rasa yang akan dihasilkan, penambahan satu sendok teh garam saja sudah bisa membuat perubahan rasa. Pemilihan bahan yang dimasukan ke dalam masakan ada yang berkaitan dengan masa lalu kita (pengalaman kita), kita sedikit menjadi lebih tau apa yang harus dimasukan atau berapa banyak bahan yang dipakai terbentuk dari pengalaman kita. Beberapa orang kreatif yang suka mencoba membuat masakan baru, ia tidak takut gagal karena ia ingin mengejar kesuksesan sendiri. Masaklah sesuatu dengan penuh fokus dan cinta maka masakan yang dihasilkan (masa depan) akan berhasil baik.

image

MASA DEPAN
Masa depan adalah masa yang belum dilalui oleh kita. Masa depan merupakan masa waktu yang paling tertutup dengan kita, paling misterius dari semua masa waktu. Sebenarnya masa depan karena misterius seharusnya tidak perlu terlalu dipikirkan secara mendetil, tetapi orang kebanyakan berusaha mencari tahu masa depan mereka. Mereka menggunakan segala cara untk, mengetahui masa depan mereka. Tetapi yang sebenarnya trjadi adalah, masa depan dapat diibaratkan sebagai cermin, sebuah cermin yang merefleksikan bayangan masa sekarang kita, dengan kata lain apapun yang kita lakukan di masa sekarang akan mempengaruhi masa depan kita. Jadi jika kita menginginkan masa depan bersahabat dengan kita maka berlaku baiklah di masa sekarang, karena perlakuan baik di masa sekarang akan direfleksikan oleh cermin masa depan.

Banyak orang terlalu melekat dengan masa lalu dan terlalu fokus dengan masa depan tetapi tidak pernah memikirkan masa sekarang. Yang harus trjadi adalah masa lalu kita jadikan guru pengalaman untuk dapat menjadi pengetahuan untk menjalani masa sekarang dengan baik agar masa depan kita bisa menjadi baik juga.

JADI KITA BERGURU DARI MASA LALU UNTUK DAPAT MENJALANI MASA SEKARANG DENGAN BAIK AGAR MASA DEPAN KITA LEBIH CEMERLANG.

SUDAHKAH KITA FOKUS BERPASANGAN DENGAN MASA SEKARANG?? ATAU MASIH GALAU DENGAN MANTAN KITA (masa lalu)?? ATAU SEDANG MENCARI WANITA LAIN YANG LEBIH BAIK (masa depan)??

image

Advertisements
Categories: Renungan Hati | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: