Laron

image

Sahabat pena sekalian, sesuai judul saya akan membahas sedikit filsafat hidup yang bisa kita petik dari hewan kecil bernama LARON. Ya laron, siapa yang tidak kenal binatang yang suka terbang mendekati cahaya. Hewan ini sangat terobsesi sekali dengan yang namanya cahaya lampu. Kemarin rumah saya terkena serangan laron (maklum rumah wong ndeso), tetapi dari makhluk kecil ini saya mendapat suatu pembelajaran (thx y ron)

Tanpa kita sadari laron telah mengajari kita banyak hal yang berguna, prinsip hidup yang kuat dan cara menjalani hidup yang luar biasa. Adapun yang dapat kita pelajari dari laron antara lain:

1. Tetapkan target hidup yang jelas dan FOKUS
Dalam hidup yang penuh dengan tantangan dan halangan kita harus menetapkan target yang jelas. Setelah kita menerapkan target yang jelas, cobalah untuk fokus menekuninya, jangan terpengaruh dengan hal lain yang mengganggu. Nseperti seekor laron yang memiliki target untuk mendekati cahaya, dan ia tetap fokus mencari cahaya dimanapun ia berada. Tidak ad dalam kamus laron untuk mencari hal lain selain cahaya, dan ia menekuninya dengan penuh fokus yang kuat.

2. Jangan menyerah
Dalam mengejar target yang sudah ditentukan janganlah pernah ada kata menyerah. Kemarin saya melihat ada seekor laron yang terjatuh ke lantai karena kelelahan terbang, ia terus berusaha untuk kembali bangkit kembali dan terbang kembali menuju cahaya. Saya sangat dapat merasakan ketidaktenangan dalam dirinya saat ia terjatuh, ia tampak tergesah-gesah ingin bangkit dan kembali mendekati cahaya. Apakah kita pernah seperti itu?? Saat kita terjatuh apakah kita pernah tergesah-gesah atau buru-buru bangkit untuk melanjutkan perjuangan kita?? Yang sering terjadi adalah disaat kita terjatuh kita sering kali malas untuk bangkit atau beralasan sudah tidak mampu bangkit, kita sering kali bersekongkol dengan kemalasan dan keputusasaan.ckckckck

3. Tetap setia
Laron hanya mempunyai tujuan mendekati cahaya sampai akhir hidupnya. Ia tetap setia dengan tujuannya meskipun sudah tercapai, ia terus bergumul dalam cahaya sampai mati kelelahan. Kita harus punya kesetiaan hidup seperti laron yang setia kepada cahaya, sering kali dalam menjalani hidup kita lupa untuk menjaga kesetiaan, kata setia hanya dijadikan mitos belaka.

4. Berbagi
Satu cahaya lampu dapat dinikmati oleh puluhan bahkan ratusan laron. Mereka berbagi dengan suka cita layaknya sedang berpesta, tidak ada rasa ingin memiliki sendiri / egois. Mereka berbagi cahaya bersama-sama, menikmati bersama-sama tanpa ada peperangan memperebutkan cahaya. Mereka berbagi selayaknya keluarga tanpa membedakan besar, kecil, kuat, lemah, semua sama-sama boleh menikmati cahaya lampu bersama-sama. Hendaknya dalam menjalani hidup kita juga bisa berbagi tanpa pandang bulu, saling menolong tanpa pandang bulu dan syarat. Contoh laron yang selalu bahu membahu mencari cahaya bersama-sama.

Itu tadi di atas sekilas pekajaran yang bisa kita ambil dari seekor hewan kecil yang mungkin sering kali diaanggap sebagai pengganggu. Tetapi dari hewan pengganggu inilah saya mendapatkan pembelajaran hidup.

APAKAH ANDA SUDAH MEMILIKI SIFAT SEEKOR LARON???

Advertisements
Categories: My journey | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: