Sendok dan Garpu

image

Sahabat pena sekalian, kali ini saya ingin membahas sedikit tentang pandangan saya dalam berpasangan. Semoga dengan tulisan ini para pembaca dapat melihat dan menyadari realitas dari berpasangan yang saya katakan meskipun sering kali menyakitkan tetapi membawa kebahagiaan dalam menjalaninya. Salah satu pandangan saya yang ingin saya sharing kali ini adalah berpasangan bagaikan SENDOK DAN GARPU.

Sebagian besar dari kita pasti merencanakan untuk hidup berkeluarga, dan langkah pertama dalam berkeluarga adalah menemukan pasangan untuk diajak berkeluarga. Oleh karena itu berpasangan sangatlah penting karen ini merupakan cikal bakal dari berkeluarga. Saya sering kali menggambarkan berpasangan itu bgaikan SENDOK DAN GARPU, karena saat kita berpasangan idealnya kita saling membantu dan melengkapi satu sama lain sehingga kita pun dapat menikmati makanan dengan nikmat dan baik dengan sendok dan garpu. Sendok digambarkan sebagai pria dan Garpu digambarkan sebagai wanita.
Berikut ini adalah filosofi berpasangan yang dapat dijabarkan oleh sendok dan garpu:

1. Carilah pasangan yang berbeda jenis
Filosofi nomor satu dari sendok dan garpu adalah kita harus mencari pasangan yang berbeda jenis, jangan yang sejenis. Bayangkan saja jika kita makan menggunakan sendok dan sendo atau garpu dan garpu maka kita pun merasa sangat tidak nyaman dalam menyantap makanan. Tetapi jika kita menikmati hidangan menggunakan sendok dan garpu maka hidangan pun dapat dinikmati dengan nyaman dan baik tanpa adanya kesulitan. Jadi carilah pasangan yang BERBEDA JENIS!!

2. Masing-masing memiliki tugas dan kegunaannya sendiri
Saat kita makan menggunakan sendok dan garpu tanpa kita sadari mereka mempunyai tugas masing-masing. Sendok mengumpulkan makanan di satu titik, lalu saat ingin menyerok makanan garpu membantu agar makanan yang diserok sendok tidak terjatuh dan agar makanan yang diserok bisa maksimal. Setelah itu sendok mengangkat makanan tersebut masuk ke dalam mulut. Bayangkan jika dibalik tugasnya, garpu yang menyerok dan memasukan makanan ke dalam mulut maka akan bisa melukai mulut kita, masing-masing memiliki tugasnya sendiri. Begitu juga dalam berpasangan ada beberapa hal yang menjadi tugas pria dan beberapa menjadi tugas wanita, dan pasangan harus bisa membantu dan melengkapi pasangannya agar dalam melakukan pekerjaan bisa sempurna.

3. Jangan egois
Seperti yang sudah dibahas di point sebelumnya bahwa masing-masing mempunyai peranannya sendiri. Janganlah egois dengan mengambil semua peranan itu sendiri karen itu akan membuat berantakan. Coba bayangkan saja jika kita makan hanya menggunakan sendok, maka makanan akan mudah tercecer dan kita kesulitan menyerok makanan secara maksimal. Atau bayangkan kita makan hanya menggunakan garpu, maka selain waktu makan kita akan menjadi lama karena makanan terjatuh terus dan mulut kita juga bisa terluka.

4. Pasangan kita merupakan orang yang spesial
Pasangan kita mempunyai keahlian sendiri yang dapat sangat berguna jika sesuai dengan situasi dan kondisi. Contohnya pernakah kita makan mie hanya dengan menggunakan garpu? Atau makan sup hanya dengan menggunakan sendok? Ini merupakan salah satu wujud yang membuktikan pasangan kita merupakan orang yang spesial. Wanita diciptakan dengan segala kesabaran dan perhatiannya. Pria diciptakan dengan egala keberanian dan perlindungannya. Setiap dari pasangan kita memiliki peranan dalam membangun hubungan. Bagaimana kita mau mencicipi sup jika hanya memiliki garpu? Betapa susahnya kita makan mie dengan sendok.

5. Bertentangan / bertengkar merupakan hal yang wajar
Sadarilah bahwa bertengkar karena apapun alasannya merupakan hal yang sangat wajar dalam berpasangan. Pasti saat anda makan sering kali sendok dan garpu anda bertabrakan sehingga mengeluarkan suara. Itulah yang terjadi saat anda betengkar, saat anda bertubrukan. Tetapi apakah karena sendok dan garpu anda bertabrakan membuat anda berhenti makan?? Tentu tidak, oleh karena itu apakah anda akan berhenti berpasangan saat anda bertengkar?? Tentu tidak…. Anda akan berhenti makan jika makanan yang anda makan terasa tiak enak atau anda tidak suka, sama seperti anda akan berhenti berpasangan saat terasa hubungan yang terjalin sudah tidak cocok dan tidak sejalan lagi.

6. Terimalah pasangan anda apa adanya
Ini nuga merupakan hal penting dalam berpasangan yaitu menerima pasangan kita apa adanya. Pernahkah kita makan dengan sendok yang bagus tetapi garpuny agak sedikit bengkok? Atau garpu yang bagus tetapi sendoknya agak bengkok? Apakah anda jadi tidak makan karna hal tersebut? Tidak!! Begitu juga dalam berpasangan, sangat sulit menemukan pasangan yang sempurna sekali, tetapi dengan siapansaja kita berpasangan, kita dapat membuat sesuatu yang indah. Dengan sendok garpu yang tidak sempurna kita masih bisa tetap makan. Jadi mulai sekarang trimalah pasangan anda apa adanya bukan dari fisik / hal- hal sepele

7. Cobalah untuk selalu bersama dalam segala perkara
Dalam berpasangan kita harus belajar untuk melakukan segala sesuatu secara bersama-sama. Dari pengambilan keputusan, berdiskusi, dan lain-lain harus dibiasakan selalu berdua. Ini akan melatih kita untuk dapat melakukan segala sesuatu dengan keterbukaan. Sama seperti sendok dan garpu yang akan selalu bersama-sama saat kita ingin menyantap santap malam.

8. Hargai perbedaan
Dari namanya sudah berbeda ‘pria’dan ‘wanita’, dan tentu banyak perbedaan yang akan timbul baik secara fisik maupun secara jiwa (sikap, hati, pikiran,dll). Coba kita tengok sendok dan garpu, mereka berbeda tetapi mereka bekerja saling melengkapi, justru perbedaan merekalah yang membuat semua bisa berjalan baik. Begitu juga halnya dalam berpasangan, perbedaan akan kerap muncul, banyak pasangan yang merasa pasangannya harus berubah sesuai keinginan dia, inilah yang menyebabkan pertengkaran dalam berpasangan. Terimalah pasangan anda dengan segala kelebihan, kekurangan, dan perbedaannya.

Dari hal-hal di atas kita dapat belajar dari filosofi sendok dan garpu. Dalam hal berpasangan bukan perihal dengan siapa kita berpasangan tetapi apakah pasangan kita bisa membuat kita menjadi orang yang lebih baik?? Jika ia bisa membuat kita menjadi lebih baik maka segala kekurangan dan perbedaannya menjadi tidak penting lagi ^^

APAKAH ANDA SUDAH MENEMUKAN SENDOK / GARPU ANDA??

image

Advertisements
Categories: Renungan Hati | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: