Puzzle hidup

image

Halo sahabat pena sekalian… Kali ini saya ingin sharing tentang salah satu pandangan hidup saya yg mungkin dapat berguna…

Pernakah anda bermain menyusun PUZZLE??? PUZZLE adalah salah satu permainan menyusun suatu gambar yang terpecah berkeping-keping menjadi banyak bagian. Tugas kita adalah menyusun kepingan tersebut sehingga pada akhirnya kepingan tersebut menjadi satu kesatuan gambar yang indah. Dalam menyusun kepingan tersebut banyak perasaan yang dapat timbul mulai dari semangat, penasaran akan gambar yang akan disusun, malas, sampai merasa putus asa karena merasa berat sekali. Untuk menyelesaikan gambaran puzzle dibutuhkan niat dan tekat yang kuat serta komitmen yang tiada duanya.

Sama halnya seperti hidup kita. Hidup kita merupakan PUZZLE yang perlu disusun membentuk satu gambaran hidup yang indah. Pertama-tama kita harus menentukan terlebih dahulu gambaran seperti apa yang ingin anda raih, semakin besar dan indah gambaran yang ingin anda raih maka semakin banyak dan susah pula kepingan yang harus disusun. Semakin kecil gambaran yang ingin kita raih maka semakin mudah pula kita menyusunnya. TETAPI jangan salah, ada orang yang dapat menyusun puzzle besar hanya dalam waktu singkat, ada orang yang membutuhkan waktu lama hanya untuk menyusun puzzle kecil. Semua kembali lagi pada niat dan komitmen yang kita miliki.

Puzzle hidup kita seiring berjalannya waktu akan menjadi lengkap menjadi satu gambaran utuh. PENGETAHUAN akan membuat kita mengetahui dimana kita harus meletakan puzzle tersebut. PENGALAMAN akan membuat kita dapat menyusun puzzle dengan cepat.  KOMITMEN akan membuat kita fokus menyelesaikan puzzle tersebut. Pengetahuan tanpa pengalaman maka akan membuat kita lama menyelesaikan puzzle kita, pengalaman tanpa pengetahuan akan membuat kita mungkin salah meletakan kepingan puzzle, tetapi pengalaman dan pengetahuan TANPA komitmen maka puzzle itu tidak akan selesai seumur hidup.

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita melihat PUZZLE orang lain lebih besar dan lebih indah daripada puzzle kita sendiri. Lalu terkadang terpikir ingin memiliki puzzle seperti orang itu bahkan ada yang langsung tidak menghargai puzzlenya sendiri. Ini merupakan kekeliruan yang besar, setiap individu kita diciptakan untuk menyusun puzzlenya sendiri, dan setiap individu memiliki keunikan dalam puzzlenya. Masalahnya adalah saat seseorang memiliki puzzle yang lebih bagus kita menjadi tidak fokus mengerjakan ppuzzle kita sendiri, kita malah terbawa ikut menikmati puzzle orang lain. Padahal tanpa ia sadari mungkin saja puzzle yang ia miliki lebih bagus dan indah hanya saja belum selesai tersusun semuanya. IRI HATI merupakan salah satu faktor yang membuat diri kita menderita. Dengan iri hati kita secara tidak langsung menanam rasa dengki dalam hati yang dimana rasa dengki ini akan menjadi pemicu kejutekan dalam berpikir dan bertindak. Seorang yang iri hati akan merasa sangat GENGSI untuk mengakui kelebihan orang lain dan merasa sangat MUDAH untuk membicarakan kejelekan orang lain. Kita sudah seharusnya mengasihani orang yang iri hati, karena orang yang iri hati secara tidak sadar merendahkan dirinya sendiri. IRI HATI sendiri dapat diobati dengan melatih rasa bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Dalam menyusun puzzle hidup kita pastinya akan menghadapi banyak halangan. Bahkan sepengalaman hidup saya, ada yang pernah merusak puzzle saya dengan mengacak-ngacaknya kembali. Menyikapi hal ini kita harus menyadari bahwa hiup penuh dengan tantangan dan kita harus terus memperbanyak PENGETAHUAN, menambah PENGALAMAN, dan menebalkan KOMITMEN. Tetapi tidak perlu khawatir sobat karena dalam menyusun puzzle kita terkadang kita mendapati orang yang membantu. Bahkan tidak hanya membantu tetapi orang tersebut juga melengkapi puzzle yang kita miliki. Dalam kehidupan ini saya telah menemukan seseorang yang memberikan saya kepingan terakhir dalam puzzle hidup saya. Tentu ini merupakan hal yang sangat menyenangkan karena dengan hadirnya orang tersebut kini hidup saya semakin lengkap, tentu ini tidak lepas dari rasa bersyukur atas segala sesuatu yang saya miliki sekarang.

Inti dari pandangan saya mengenai puzzle ini adalah dalam menjalani hidup kita harus terus BELAJAR untuk dapat menyusun puzzle terbaik kita. Dan ingat serta CAMKAN hal ini “Kita semua memiliki keunikan masing-masing yang harus kita syukuri, kita memiliki keindahan yang menunggu untuk kita temukan, kita adalah INVENTOR OF OUR DIAMOND, jangan melihat kelebihan orang lain dan menjadi iri tetapi lihatlah dan temukan harta yang terpendam dalam dirimu dan jadilah BERLIAN untuk dirimu dan orang lain”

Selamat menyelesaikan puzzle anda ^^

image

Advertisements
Categories: Renungan Hati | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: